Membuat Storyboard dan Flowchart
PENGEMBANGAN
MEDIA PEMBELAJARAN SD
MENYUSUN
STORYBOARD DAN FLOWCHART
Pengertian Storyboard adalah kumpulan dari
sketsa gambar yang disusun dengan berurutan yang disesuaikan dengan ide atau naskah agar cerita yang akan di sampaikan dapat diterima dengan mudah.
Di jaman seperti sekarang
ini storyboard dipakai pada beberapa bidang. Contohnya, perfilman, dunia
advertising hingga animasi sekarang sedang banyak yang memakai storyboard.
Proses dari sutradara atau pengarah fotografi akan mebahas tentang adegan –
adegan yang akan di ambil yang mana kemudian para sutradara atau pengarah
fotografi akan menghubungi seniman pada bidang storyboard untuk menggambarkan
ide dari sutradara dan pengarah fotografi.
Dari gambaran itu akan
tercipta rancangan shooting. Secara jelasnya storyboard ini akan memberi kesan
tentang gambaran yang jelas pada pemain dan kru agar bisa bekerja dengan baik.
Pada umumnya storyboard
ini ada tata letak nyata adegan yang akan diambil. Bukan hanya itu saja,
storyboard ini juga hal yang penting untuk editor agar editor bisa menyusun
scene yang bagus dan yang berbeda sesuai dengan skenario yang sudah di
tetapkan.
Pengertian Flowchart adalah adalah suatu
bagan dengan simbol-simbol tertentu yang menggambarkan urutan proses secara
mendetail dan hubungan antara suatu proses (instruksi) dengan proses lainnya
dalam suatu program.
Dalam perancangan
flowchart sebenarnya tidak ada rumus atau patokan yang bersifat mutlak (pasti).
Hal ini didasari oleh flowchart (bagan alir) adalah sebuah gambaran dari hasil
pemikiran dalam menganalisa suatu permasalahan dalam komputer. Karena setiap
analisa akan menghasilkan hasil yang bervariasi antara satu dan lainnya.
Kendati begitu secara garis besar setiap perancangan flowchart selalu terdiri
dari tiga bagian, yaitu input, proses dan output.
Berikut ini adalah beberapa simbol yang
digunakan dalam menggambar suatu flowchart :
Untuk lebih jelasnya, berikut contoh penerapan media pembelajaran berbasis flowchart di Sekolah Dasar.
Kelas / Semester : IV / 2 (Dua)
Tema /
Topik 9 : Makananku Sehat
dan Bergizi
Subtema 1 : Makananku Sehat dan Bergizi
Pembelajaran : 2
Kelas / Semester : IV / 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
IPS
Kompetensi Dasar (KD)
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan
kondisi geografis di sekitarnya
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan
lingkungan geografis tempat tinggalnya
Indikator :
-Mengidentifikasi jenis
makanan yang sesuai dengan gizi seimbang
-Menceritakan bahwa
lingkungan geografis berpengaruh terhadap mata pencaharian manusia
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.7. Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya
alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdaya alam dan
pemanfaatannya oleh masyarakat
Indikator :
-Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
-Menyusun laporan tertulis tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
-Menemukan informasi dari
teks laporan tentang pengolahan sumber daya alam yang digunakan
-Menceritakan/melaporkan
kembali urutan tentang pengolahan sumber daya alam dan teknologi yang digunakan
dengan menggunakan kosakata baku.
(Contoh tampilan media pembelajaran)
Klik DISINI untuk melihat dokumen lebih jelasnnya.
Sumber :
https://symbianplanet.net/pengertian-storyboard/
https://informatikalogi.com/pengertian-flowchart-dan-jenis-jenisnya/
Komentar
Posting Komentar