Membuat Media Pembelajaran Audio Visual

MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL


Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Bahkan keabstrakan bahan dapat dikonkretkan dengan  kehadiran media. Dengan demikian, anak didik lebih mudah mencerna bahan dari pada tanpa bantuan media.

Berikut daftar kelompok media instruksional menurut Anderson (1976) dalam Sadiman (2010) pada Tabel 2.1 berikut ini:

Kelompok Media

Media Instruksional

1.

Audio

pita audio (rol atau kaset)

piringan audio

radio (rekaman siaran)

2.

Cetak

buku teks terprogram

buku pegangan/manual

buku tugas

3.

Audio – Cetak

buku latihan dilengkapi kaset

gambar/poster (dilengkapi audio)

4.

Proyek Visual Diam

film bingkai (slide)

film rangkai (berisi pesan verbal)

5.

Proyek Visual Diam dengan Audio

film bingkai (slide) suara

film rangkai suara

6.

Visual Gerak

film bisu dengan judul (caption)

7.

Visual Gerak dengan Audio

film suara

video/vcd/dvd

8.

Benda

benda nyata

model tirual (mock up)

9

Manusia dan sumber lingkungan

 

10.

Komputer

media berbasis komputer;CAI

 (Computer Assisted Instructional) &

 CMI (Computer Managed Instructional

A. Jenis-Jenis Media Pembelajaran

 

1. Media Visual

Media Visual merupakan jenis media yang digunakan hanya mengandalkan indera pengelihatan semata-mata dari peserta didik, dengan media ini pengalaman belajar yang dialami oleh peserta didik sangat tergantung pada kemampuan penglihatanya, beberapa jenis media visual antara lain:

-Media cetak seperti buku, modul, jurnal, peta, gambar dan poster.

-Model dan prototipe seperti globe bumi.

-Media realitas seperti alam sekitar dan sebagainya.

2. Media Audio

Media Audio merupakan jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan indera pendengaran  peserta didik. Pesan dan informasi yang diterimanya berupa pesan verbal seperti bahasa lisan, kata-kata dan lainya. Sedangkan pesan nonverbal adalah dalam bentuk bunyi-bunyian, musik, bunyi  tiruan dan sebagainya. Media audio dapat mempengaruhi emosi dan mengembangkan imajinasi, ada beberapa jenis media audio antara lain, Radio, kaset-audio, alat perekam, piringan hitam, kaset, CD, DVD, MP3 dan Audio Digital (WAV).

3. Media Audio Visual

Media Audio Visual merupakan adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan pendengaran dan  penglihatan sekaligus dalam suatu kegiatan atau proses. Pesan dan  informasi yang dapat disalurkan melalui media ini dapat berupa  pesan verbal dan nonverbal yang mengandalkan baik penglihatan maupun pendengaran contohnya film, vidio, program TV, dan lain-lain.

4. Multimedia

Multimedia merupakan media yang melibatkan beberapan jenis media dan peralatan secara terintegrasi dalam suatu proses atau kegiatan pembelajaran. Pembelajaran multimedia melibatkan indra penglihatan dan indera pendengaran melalui teks, visual diam, visual gerak, dan audio serta media interaktif berbasis komputer dan teknologi komunikasi dan informasi.

Nah, untuk kali ini penulis menggunakan media pembelajaran jenis Audio Visual yaitu berupa film untuk diterapkan pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Sebelum membuat film tentu saja dibutuhkan sebuah skrip, naskah dan skenario. 

Berikut materi pembelajaran yang menggunakan media Audio Visual yaitu Film.

Skrip, Naskah, Skenario Pembuatan Video

Judul                          : Hak dan Kewajibanku terhadap makhluk hidup

Tema 3                       : Peduli Terhadap Makhluk Hidup

Sub Tema 2              : Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku  

Muatan Terpadu       : PPKn dan SBdP

Kelas/Semester        : IV (Empat)/1

                    A.     Materi

                   PPKn

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

 

3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat terhadap hewan di sekitar

 

4.2 Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai  warga   masyarakat dalam kehidupan sehari-hari

 

4.2.1 Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban terhadap hewan di sekitar

 

            SBdP    

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel

 

3.4.1 Menjelaskan teknik membuat mozaik

 

4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik

 

4.4.1 Membuat mozaik dari bahan Alam

 

Klik disini untuk mendownload teks skrip, naskah dan skenario.

Berikut ini hasil media audio visual yang telah dibuat.


Link :

https://youtu.be/DqHyVJiOZCQ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat media pembelajaran visual

Membuat Storyboard dan Flowchart

Membuat Media Microsoft Publisher