Membuat Media Pembelajaran Audio Visual
MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO
VISUAL
Dalam proses belajar mengajar kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting. Karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada anak didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu. Bahkan keabstrakan bahan dapat dikonkretkan dengan kehadiran media. Dengan demikian, anak didik lebih mudah mencerna bahan dari pada tanpa bantuan media.
Berikut daftar kelompok media
instruksional menurut Anderson (1976) dalam Sadiman (2010)
pada Tabel 2.1 berikut ini:
Kelompok Media |
Media Instruksional |
|
1. |
Audio |
pita audio (rol atau kaset) piringan audio radio (rekaman siaran) |
2. |
Cetak |
buku teks terprogram buku pegangan/manual buku tugas |
3. |
Audio – Cetak |
buku latihan dilengkapi kaset gambar/poster (dilengkapi audio) |
4. |
Proyek Visual Diam |
film bingkai (slide) film rangkai (berisi pesan verbal) |
5. |
Proyek Visual Diam dengan Audio |
film bingkai (slide) suara film rangkai suara |
6. |
Visual Gerak |
film bisu dengan judul (caption) |
7. |
Visual Gerak dengan Audio |
film suara video/vcd/dvd |
8. |
Benda |
benda nyata model tirual (mock up) |
9 |
Manusia dan sumber lingkungan |
|
10. |
Komputer |
media berbasis komputer;CAI (Computer Assisted Instructional) & CMI (Computer Managed Instructional |
A.
Jenis-Jenis Media Pembelajaran
1. Media Visual
Media Visual merupakan jenis
media yang digunakan hanya mengandalkan indera pengelihatan semata-mata dari peserta didik, dengan media ini
pengalaman belajar yang dialami oleh peserta didik sangat tergantung pada
kemampuan penglihatanya, beberapa jenis media visual antara lain:
-Media cetak seperti buku,
modul, jurnal, peta, gambar dan poster.
-Model dan prototipe seperti
globe bumi.
-Media realitas seperti alam
sekitar dan sebagainya.
2. Media Audio
Media Audio merupakan jenis
media yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan hanya melibatkan indera
pendengaran peserta didik. Pesan dan informasi yang diterimanya berupa
pesan verbal seperti bahasa lisan, kata-kata dan lainya. Sedangkan pesan
nonverbal adalah dalam bentuk bunyi-bunyian, musik, bunyi tiruan dan
sebagainya. Media audio dapat mempengaruhi emosi dan mengembangkan imajinasi,
ada beberapa jenis media audio antara lain, Radio, kaset-audio, alat perekam,
piringan hitam, kaset, CD, DVD, MP3 dan Audio Digital (WAV).
3. Media Audio Visual
Media Audio Visual merupakan
adalah jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan melibatkan
pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam suatu kegiatan atau proses.
Pesan dan informasi yang dapat disalurkan melalui media ini dapat berupa pesan
verbal dan nonverbal yang mengandalkan baik penglihatan maupun pendengaran
contohnya film, vidio, program TV, dan lain-lain.
4. Multimedia
Multimedia merupakan media
yang melibatkan beberapan jenis media dan peralatan secara terintegrasi dalam
suatu proses atau kegiatan pembelajaran. Pembelajaran multimedia melibatkan
indra penglihatan dan indera pendengaran melalui teks, visual diam, visual
gerak, dan audio serta media interaktif berbasis komputer dan teknologi
komunikasi dan informasi.
Nah, untuk kali ini penulis
menggunakan media pembelajaran jenis Audio Visual yaitu berupa film untuk
diterapkan pada pembelajaran di Sekolah Dasar. Sebelum membuat film tentu saja
dibutuhkan sebuah skrip, naskah dan skenario.
Berikut materi pembelajaran
yang menggunakan media Audio Visual yaitu Film.
Skrip, Naskah, Skenario Pembuatan Video
Judul
: Hak dan Kewajibanku terhadap makhluk hidup
Tema
3
: Peduli Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema
2
: Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Muatan
Terpadu : PPKn dan SBdP
Kelas/Semester
: IV (Empat)/1
A. Materi
PPKn
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
3.2 Memahami hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
3.2.1 Menjelaskan hak dan
kewajiban masyarakat terhadap hewan di sekitar |
4.2 Bekerja sama
melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat
dalam kehidupan sehari-hari |
4.2.1 Menceritakan
pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban terhadap hewan di sekitar |
SBdP
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel
3.4.1 Menjelaskan teknik membuat mozaik
4.4 Membuat karya kolase, montase, aplikasi, dan mozaik
4.4.1 Membuat mozaik dari bahan Alam
Klik disini untuk mendownload teks skrip, naskah dan skenario.
Berikut ini hasil media audio visual yang telah dibuat.
Link :
Komentar
Posting Komentar